Jumat, 14 Maret 2008

Maceeet..maceeet..si Komo di Bandung

Dulu kalo denger kata macet pasti langsung inget Jakarta. Setidaknya kalo dulu jarang kesana, itulah yang kita denger tentang Jakarta dari orang-orang yang hidup sehari-hari disana. Kasian ya???

Tapi itu dulu bung….

Sekarang..Jakarta tetep macet..tapi Bandung ikut-ikutan juga. Mungkin gara-gara Jawa Barat punya misi untuk jadi provinsi termaju setelah DKI juga kali ya jadi kalo Jakarta macet, Bandung jadi ikutan macet. Mari kita (saya maksudnya) list satu persatu apa kira-kira yang membuat Bandung jadi macet kaya sekarang

  1. Perubahan fungsi-fungsi dalam kota yang ngebuat sistem ga seimbang

Contohnya aja Dago. Dago pada asalnya diperuntukkan untuk kawasan permukiman dan memang beberapa tahun lalu terlihat seperti itu, sampai pada akhirnya Dago berubah fungsi menjadi pusat kegiatan kongkownya anak muda dan pusat perdagangan. Dari yang awalnya cuma kafe-kafe tenda yang ga permanent, terus muncullah FO2 sampai2 Dago jadi pusat FO di Bandung. Ya jelas aja jadi macet. Kapasitas jalan Dago memang ga dibuat untuk jadi pusat kegiatan/pusat perdagangan. Jalannya sempit gitu, kendaraan luar biasa banyak, sedangkan FO2 tersebut ga nyediain kapasitas parkir yang cukup.

Kabarnya sih sekarang Pemkot Bandung udah menutup peluang untuk munculnya FO2 baru di Dago. Kafe tenda pun sudah banyak berkurang jumlahnya supaya trotoar bisa berfungsi sebagaimana seharusnya. Heu…FO dibatasinya baru sekarang….kemana aja doooonggg???Kaburu pinuh ku FO Dagona oge

Makanya pa,bu..patuhi dong dokumen rencana tata ruang kota yang ada, jangan malah dijadiin alat politik doang

  1. Pertumbuhan jumlah manusia dan kendaraan ga sinkron dengan pertumbuhan luas jalan. Jalannya banyak yang rusak pula

Logis kan ya?jumlah manusia terus bertambah. Konsekuensi logisnya….jumlah rumah bertambah, kepadatan bertambah, jumlah kendaraan bertambah, pusat-pusat kegiatan bertambah, sedangkan luas Bandung ga bertambah lagi, luas jalan ga nambah banyak (paling fly over doang)

  1. Jumlah mobil dan motor pribadi yang terlalu banyak

Ini korelasinya dengan kapasitas jalan yang terbatas. Seharusnya ada regulasi yang jelas mengenai ini. Kalo di Jakarta ada 3 in 1 pada jam-jam tertentu. Mungkin bisa dicoba pembatasan mobil yang ada di jalan dengan pembatasan tahun pembuatan mobil..ato mobil yang angka plat nomernya bilangan ganjil bisa beredar di hari senin, rabu, sabtu doang, begitu pula yang genap..atau naikin aja tarif parkirnya edan2an…atau naikin aja harga bbm buat mobil pribadi..banyak lah alternatif yang sebenarnya bisa dicoba walaupun pastinya bisa menimbulkan kontroversi2. Itu baru mobil. Motor mah apalagi. Dgn Rp. 0 aja kita bisa dapet motor sekarang mah, tinggal mikirin bayar cicilannya.

  1. Jumlah angkot yang terlalu banyak

Liat deh daerah Kiara Condong contohnya. Itung ada berapa trayek yang lewat disana. Kalo ga salah ada 7 trayek. Mending kalo pada penuh. Ini mah pada kosong. Keliatan banget ga efisiennya kan? Plus kebiasaan angkot berhenti dimana aja, ngetem dimana aja, nyetir ugal-ugalan, plus mungkin sebagian besar personil angkot merupakan pendatang dari luar Bandung. Siapa sih yang nyaman naek angkot sekarang di Bandung? Mun teu butuh2 teuing mah moal naek angkot…rek naek Subaru Impreza we..hanjakal teu boga

  1. Angkot, bis, atau kendaraan umum massal yang engga nyaman

Banyak yang komentar gini : gimana mau ninggalin mobil dan motor pribadi terus beralih ke angkutan massal kalo emang ga nyaman?Iya emang bener jawabannnya. Lihat aja kondisi bis kota yang sumpek, angkot dengan segala ketidaknyamanannya yang ga akan saya sebutin lagi. Kebayang kan kalo orang yang ga biasa naek angkot terus nyoba naek angkot? Hasilnya : telat masuk kantor/kuliah, telat janjian ama pacarnya terus jadi berantem, keringetan pas keluar dari angkot, sport jantung wae gara-gara supirnya ugal-ugalan, bayarnya mahal, kadang-kadang diturunin sebelum sampe di tempat tujuan, banyak yang minta-minta dgn motif yang ga jelas. Ceuk urang ge…mending Mitsubishi Lancer…

  1. Jumlah motor yang luar biasa akibat dari gampangnya dapet kredit motor

  2. Perilaku supir angkot, pengendara motor, mobil, dll

Ga usah dibicarain lagi ya?pengulangan doang. Intinya mah emang pada egois..takutnya cuma sama polisi

  1. Perilaku pejalan kaki

Salah satu contohnya…liat deh sekitar BIP. Ada jembatan penyeberangan kan?Tetep banyak yang nyeberang sembarangan kan?nya heueuh we jadi macet. Mending mun nu nyeberangna teh geulis (jadi bisa ditingali heula maksudna)..ieu mah ..geulis sih..ngan jeung monyetna oge,hehe.

Tapi pernah ada yang bilang ama saya…kalo cewe (yang pake rok panjang/pendek) mungkin risih naek ke jembatan penyeberangan karena sangat mudah ‘diintip’ dari bawah. Kalo alasannya emang ini, saya sepakat mendukung mereka untuk ga menggunakan jembatan penyeberangan. Harus dirubah desain jembatannya berarti

  1. Kondisi Bandung pas libur/weekend

Bandung emang penuh pesona. Bandung emang kota belanja dan kota jajanan. Cuacanya emang lebih nyaman dari Jakarta. Daya dukung kita aja yang ga bisa mengakomodir pengunjung-pengunjung

  1. Planologi ITB….kemana aja kita?

Naaaahhh…..ini diaaa sekolahnya para calon perencana kota dan wilayah. The best di Indonesia lah. Terus kemana para mahasiswa nya?Ga bisa jadi oposan pemkot gitu?emang kalo anak ITB demo, ga pernah ngedemoin tentang Bandung kah? Terus mana peran dosennya?pasti pinter-pinter semua dong..pasti pemkot sering minta tolong dong ama para dosen. Terus kemana lulusannya??heuheuheu..kemana ya?Emang lagi krisis identitas jurusan kita yang satu ini. Kasian lah. Terus saya juga ngapain dong sebagai lulusan Planologi ITB? Hehehehe….kita bahas lain kali ya..semua ada alasannya..dan saya tidak berencana untuk melarikan diri dari tugas saya sebagai seorang planner ko. Kasian rakyat yang udah mensubsidi uang kuliah kita. Ah..mending jadi artis gening nya?

Ah pusing lah ngomongin Bandung tercinta ini. Bukan cuma macet doang masalahnya. Ada kontroversi pembangunan Kawasan Bandung Utara, revisi RTRW bermuatan politis, masalah sampah, masalah jumlah reklame yang terlalu banyak, masalah kurangnya RTH (Ruang Terbuka Hijau), dipakenya dana APBD sekitar 16 miliar buat Persib yang susah amat mau jadi klub profesional, anak jalanan, sampe masalah burung koak di jalan Ganesha. Tapi teteeep rek kitu rek kieu ge..I Love Bandung. Bandung teh tempatnya makanan enak, fashion, cuaca yang asik, mojang gareulis, tempat band2 luar biasa di indonesia, tempat orang-orang kreatif, tempat banyaknya keanekaragaman budaya, Persib, ITB, Planologi, LSS, Geka, Kita Food, tempat si neng, dll. Home sweet home lah .heuheu. Tipikal urang Sunda pisan nya?betah di Bandung dan enggan bermigrasi. Bukannya apa-apa juga….banyak hal yang bisa dilakuin disini dibandingkan dengan apa yang saya bisa lakuin di kota-kota lain kaya Jakarta, London, Roma, dll..setidaknya untuk saat ini

1 komentar:

anggun oktari mengatakan...

hihih.. iya nihh, pada kemana siihh lulusan plano teh.. kontribusi nya manaaaa???? =D


tapi setuju kang, i love bandung lah pokonya!! dimana lagi bisa meuli baso 3000an dan enak, kalo bukan di bdg? iya kan??
hehe.. murah meriah dan menyamankan lah bandung teh!!